Obama Menang, Saya Senang

Obama sebelum menyampaikan pidato (Photo: AP)

Warga dunia menyambut gembira atas terpilihnya kembali Barack Obama sebagai Presiden AS. Beberapa kepala negara di dunia sudah menyampaikan ucapan selamatnya kepada Obama. Korea Selatan, Israel, Afganistan (meskipun disambut dingin oleh rakyatnya, dan Indonesia. Ucapan selamat ini diikuti embel-embel ‘semoga’ ‘ dan ‘harapan’. Semoga kerjasama dengan AS lebih baik. Semoga hubungan dengan AS semakin kuat, setidaknya dalam 4 tahun ke depan. Korea Selatan berharap AS tetap berkoordinasi mencapai perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan kawasan Timur Laut Asia. Termasuk Indonesia. Presiden SBY telah memberikan ucapan selamat kepada Obama melalui stafnya.

Kalau kemenangan Obama ini dipastikan membawa dampak bagi negara-negara itu, tidak demikian dengan Indonesia. Seperti dikutip dari Kompas.com, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menilai, terpilihnya kembali Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat, tak akan membawa dampak bagi Indonesia. Menurutnya, selama empat tahun memimpin Amerika, kebijakan politiknya tak ada yang secara khusus berdampak signifikan untuk Indonesia.  Kebijakan politik luar negeri AS untuk Indonesia masih akan terpengaruh pada kebijakan sebelumnya yang mulai berorientasi ke Asia Timur atau Asia Pasifik. Kebijakan luar negeri seperti ini pun didukung kedua kubu, baik Republik mau pun Demokrat. Artinya, tidak ada yang spesial dari masa pemerintahan Obama yang berdampak penting dan besar buat Indonesia. Selain harga emas yang dipastikan akan naik, which is, itu bukan hanya Indonesia yang merasakannya.

Tapi tunggu dulu. Ga ada dampak penting, tapi kok saya dan beberapa teman tadi senang dengan kemenangan ini. Saya sampai agak terbata-bata karena tercekat tenggorokan menahan haru ketika meng-on air-kan inti pidato kemenangan Obama itu. Produser saya kelihatan berkaca-kaca matanya dan mulutnya tidak berhenti tersenyum (dan mentraktir kami klapeertat… 😛 ). SD 1 Menteng sampai break dulu belajarnya dari jam 9.00 pagi tadi demi nonton bareng proses penghitungan suara selesai sampai diumumkannya Obama menang atas Romney. Kecil kemungkinan ada diantara guru-gurunya sekarang yang pernah menjadi guru Obama dulu, apalagi siswanya – hanya lihat di tivi. Tapi kok euforia itu terasa sekali ya. Senang bukan kepalang para siswa itu, apalagi mereka akan mengirimkan surat berisi ucapan selamat kepada Obama. Juga para fans Obama di salah satu kafe di Jakarta. Bersorak sorai saling merangkul dan bersalaman lebih hangat dan erat dari sebelumnya (ini bayangan saya mendengar laporan reporter Sindo radio tadi). Kata operator kami, lebih heboh dari piala Eropa. Saya setuju.
Mungkin itu saja dulu yang perlu dirasakan di hari H kemenangan ini. Stop for a moment and enjoy the victory. Smile a lot. Dengarkan kembali pidato Obama yang bilang dia ga akan jadi begitu kalau bukan karena Michelle. Mensyukuri semuanya. Soal ga ada dampak penting ke Indonesia, ah…bukan ranah saya untuk mengomentarinya.

Untuk sekarang… Obama menang, saya senang.

 

Sumber:

http://www.kompas.com

http://www.voaindonesia.com

http://www.cnn.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s