Oksigen di Rimba Polusi Jakarta

Bagi saya yang sempat menghabiskan 2 tahun di kota yang sejuk dan berudara bersih, Tomohon (Sulawesi Utara), berhadapan dengan Jakarta dan segala tetek bengek permasalahannya tentang polusi dan udara bersih adalah tantangan. Saya sebut tantangan karena saya tidak bisa memaksakan setiap kota yang saya tinggali harus berudara bersih. Karena itu saya percaya pasti ada lokasi sebagai sumber udara bersih di ibukota ini. Man, pikiran positif diperlukan dua kali lipat kalo mau berteman dan berdansa dengan Jakarta.

Awalnya saya agak kecewa karena ekspektasi saya terlalu tinggi. Inilah efek dari terlalu banyak nonton film Hollywood. Kan selalu tuh, film-film Hollywood secara tidak langsung promosi keindahan kota mereka dengan menonjolkan taman kota yang aduhai dilihatnya. Apalagi ditonjolinnya di musim semi; rumput sedang hijau-hijaunya, pohon berdaun lebat dan berbunga berwarna-warni, angsa-angsa berenang riang di danau buatan di tengah taman, anak-anak berlari gembira mengejar kupu-kupu dan bermain balon deterjen, ibu-ibu menggelar tikar tempat bekal makanan ditata, anak muda di mabuk asmara sedang ciuman di kursi panjang taman, langit biru, burung terbang bernyayi merdu, ada yang berolahraga, ada yang sekedar tiduran di rumput atau membaca. Segar ya?

Agak repot ya kalau cari yang begitu disini. Lagi-lagi saya masih positif akan menemukan sebuah taman. Sepersepuluh dari itu saja. Lumayan itu. Eh, Tuhan memang maha baik. Dia tidak menutup telinga terhadap permintaan umatNya. Meski bentuk jawabanNya terserah Dia. Suatu hari di awal bulan kedua kami tinggal di Tebet ini, suami saya datang bawa kabar gembira. Taman itu ada, mirip-mirip dengan isi taman di khayalanmu, kata suami saya. Maka kesitulah kami sejak itu hampir setiap weekend, kalo ga ke kawinan :D.

Namanya Taman Honda-Tebet. Taman seluas 2,8 hektar ini membentang antara Kelurahan Tebet Timur dengan Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Dari namanya bisa diketahui bahwa taman ini disponsori Honda dan bersebelahan dengan Taman Kota Tebet.

Anda yang ingin memperkenalkan alam dan bukan mall kepada anak Anda, disinilah tempatnya. Anda bisa menemukan jenis pohon pelindung seperti mahoni, ketapang kencana, mindi, bunga kupu-kupu, trembesi, dan flamboyan. Jenis pohon yang ditanam merupakan kombinasi antara pepohonan ramping dan peneduh. Dengan begitu pengunjung bisa langsung merasakan fungsi dan manfatnya.
Taman Honda Tebet

Bagi Anda yang gemar olahraga, ada jogging track juga lho.

Jogging track (photo: oktovinabutarbutar)

Hati-hati, jogging track juga sekaligus lokasi bersepeda.

Jogging track diantara pepohonan (photo:oktovinabutarbutar)

Reflexology track juga tersedia. Ada 3 tingkatan; pemula, intermediate, advanced. Lho, kok kayak kursus. Beneran! Tapi dalam arti tingkat ‘kesakitan’.

Reflexology track; 3 tingkat kesakitan. (photo:oktovinabutarbutar)

Bukan Cuma orangtua, anak-anak juga senang.

My daughter played on the reflexology track

Keliatan ya, anak-anak belum punya encok, migraine, dll…bisa tuh maen bola di tingkat advanced.

Nah, yang ini jadi rebutan setiap anak. Cuma satu tapi lumayan berfungsi mengalihkan kebosanan anak.

Arena bermain anak

Jembatan penyeberangan ini adalah favorit anak muda untuk nongkrong. Eh ada juga lho yang suka shooting klip disini. Dibawahnya air mengalir.

Jogging track tersambung denga jembatan penyeberangan (photo: oktovinabutarbutar)

Pusat taman ini menjadi lokasi segala-gala. Futsal, latihan karate, style-cyclist and skateboard

Anda seorang pesepeda yang suka beraksi, disini tempat latihannya. Ga bakal diketawain, dikagumin lho.

Hiaaatttt...Penonton juga ikutan berlatih gratis!

Tersedia juga mushola, toilet dan penjaga.

Mushola-toilet-pos penjaga di pojokan taman

Yukkkss…daripada bayar di mall, mending di Taman Honda Tebet. Gratis ini.

Kalo soal ttd, Foke cepat yaa... ehh, itu anak saya ga mau balik :D

Banyak jajanan kok, murah meriah…

Jajanan murah meriah di sepanjang jalan diluar taman.

Tebet, 13 Mei 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s